Kumpulan Materi Pelajaran Biologi, Pelajaran Kimia, Pelajaran Fisika Sistem Periodik Unsur, Jaring jaring Makanan, Pengertian Ekosistem, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem Pencernaan

Senin, 05 September 2016

Alat Alat Pernapasan Pada Manusia

Alat Alat Pernapasan Pada Manusia - Tahukah kalian, darimana oksigen berasal? Atau pernahkah kalian bertanya, darimana karbondioksida berasal? Oksigen berasal asal tanaman sebagai zat residu yang akan terjadi fotosintesis. Begitu juga kebalikannya, karbondioksida berasal dari manusia menjadi zat sisa yang berasal berasal tubuhnya. Ya, diantara manusia dan  tanaman terjadi suatu kerjasama yang saling menguntungkan. 

Manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas dan sebaliknya tumbuhan membutuhkan karbondioksida. Selain berasal berasal zat sisa yang disalurkan melalui sistem ekskresi di manusia pada tubuh manusia, karbondioksida juga berasal dari yang akan terjadi pembakaran bensin, gunung berapi, limbah-limbah industri. Karbondioksida dalam atmosfer tidak berbahaya pada kadar tertentu. Bahayanya karbondioksida yg berlebihan akan berefek buruk  bagi kesehatan pernapasan manusia.


Pengertian pernapasan

Berbicara tentang karbodioksida serta oksigen, 2 zat ini terlibat secara langsung menggunakan sistem pernapasan manusia. Sehingga, di hakikatnya bernapas artinya pertukaran antara oksigen dan  karbondioksida melalui alat pernapasan. Alat pernapasan utama yg bertanggungjawab pada hal pertukaran gas oksigen asal luar tubuh dengan karbondioksida dari pada tubuh ialah bronkiolus serta alveolus. Tetapi demikian perah-peran organ lainnya pada sistem pernapasan seperti hidung, lisan, trakea, bronkus serta lain sebagainya tidak kalah pentingnya.

Supaya udara bisa keluar masuk lewat pernapasan, maka wajib  ada disparitas tekanan antara udara di kurang lebih dengan udara pada rongga dada. Waktu memasukkan udara ke dalam rongga dada, maka otot-otot pernapasan akan berkontraksi sebagai akibatnya rongga dada melebar, serta udara masuk ke rongga dada. Sebaliknya saat udara dimuntahkan (ekspirasi), otot-otot pernapasan akan melakukan relaksasi, sebagai akibatnya otot-otot pernapasan akan melengkung sehingga udara akan dimuntahkan dari rongga dada.

Alat Pernapasan Manusia

1. Hidung (cavum navalis)

Hidung adalah alat pernapasan manusia yg paling terlihat dengan jelas. Posisinya berada diluar dan  ini adalah alat pernapasan pertama yg dilewati udara. Lubang hidung ada 2 dengan fungsi yang berbeda. Jika dilihat sekilas, memang ukurannya tampak sama. Namun, keduanya memiliki saluran pernafasan yang tidak sesuai volume, yaitu saluran pernapasan dengan volume besar  dan  kecil. Saluran pernapasan menggunakan volume yang besar adalah tempat lewatnya udara dengan laju yang cepat sedangkan saluran pernapasan yang volume kecil merupakan tempat lewatnya udara menggunakan laju lambat. 

Ada beberapa bau yg sulit dideteksi lubang hidung menggunakan saluran pernapasan besar, maka ini akan menjadi tugas lubang hidung menggunakan saluran pernapasan kecil. Kebalikannya, terdapat juga beberapa bau yg sulit dideteksi lubang hidung dengan salutan pernapasan kecil, maka ini akan sebagai tugas lubang hidung menggunakan saluran pernapasan  besar.

Pada lubang hidung ada rambut halus dan  selaput lendir menggunakan tugas menyaring udara yang masuk serta mengeluarkan partikel-partikel yg tidak dibutuhkan. Terdapat jua yg disebut konka yg memiliki poly kapiler darah dengan tugas primer menghangatkan udara yg masuk.

2. Faring (tenggorokan)
Faring adalah saluran perpanjangan berasal hidung yg berpangkal di laring. Tugas primer faring ialah sebagai saluran bagi keluar masuknya udara, yaitu oksigen dan  karbodioksida. Peran-peran lainnya asal faring merupakan menjadi saluran bagi makanan atau minuman buat masuk ke dalam tubuh manusia. Selain itu, dengan adanya faring pita bunyi yg terletak pada laring menjadi  bergetar waktu manusia berbicara karena adanya udara yang keluar masuk sehingga terdengar menjadi suara.

3. Laring (pangkal tenggorokan)
Laring ialah saluran pernapasan yg menuju trakea dan dikelilingi oleh tulang rawan yg menghasilkan jakun. Fungsi utama laring mencegah benda asing masuk ke pada saluran pernapasan (trakea), fungsi menelan kuliner, fungsi respirasi (pernafasan) dan  memproduksi bunyi.

4. Trakea (btg tenggorokan)
Trakea adalah perpanjangan asal faring dan  tersusun berasal tulang rawan yang memanjang berasal leher hingga rongga dada dengan panjang lebih kurang 10 centimeter. Trakea terdiri atas untaian cincin yang memanjang lebih kurang 16 sampai 20 cincin. Trakea dilapisi oleh selaput lendir dan  sel-sel bersilia yg bertugas menahan kotoran berasal udara hingga tidak menembus paru-paru.

5. Bronkus
Paru-paru serta trakea dihubungkan oleh bronkus. Bronkus terbagi sebagai dua, yang satu berada pada paru-paru kanan serta satu lagi pada paru-paru kiri. Struktur bronkus berupa tulang rawan menggunakan otot-otot halus serta bercabang lagi sebagai bagian kecil yang dianggap bronkiolus. Tidak mirip bronkus, bronkiolus tidak tersusun atas tulang rawan serta berdinding tipis.

6. Pulmo (paru-paru)
Fungsi paru-paru selain menjadi bagian berasal sistem respirasi juga memiliki fungsi dalam sistem ekskresi, (Baca juga : Sistem Ekskresi Manusia dan Penjelasannya) yaitu mengeluarkan karbondioksida menjadi hasil metabolilsme pada tubuh serta mengeluarkan uap air. Paru-paru terletak pada rongga dada kiri serta kanan serta dilindungi sang tulang rusuk. Waktu udara telah berada pada bronkus, ini berarti udara sudah siap buat diedarkan ke setiap bagian paru-paru yang akan dilaksanakan oleh bronkiolus.

7. Bronkiolus
Panjang lebar kita telah berbicara tentang fungsi pernapasan serta alat yang terlibat pada dalamnya; hidung, paru-paru, laring, bronkus serta faring telah biasa. Berbicara tentang bronkiolus tentu tidak biasa sebab acapkali terlupakan sebagai bagian penting berasal sistem pernapasan, Baca juga sistem pernapasan pada manusia sebab bentuknya yang kecil. Sebagai akibatnya, bronkiolus sering terlibat dalam pembahasan-pembahasan wacana sistem pernapasan tapi dalam skala kecil serta tidak mendetil.

Demikian artikel pelajaran ipa yang bisa saya tulis pada artikel ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Alat Alat Pernapasan Pada Manusia

0 komentar:

Posting Komentar