Kumpulan Materi Pelajaran Biologi, Pelajaran Kimia, Pelajaran Fisika Sistem Periodik Unsur, Jaring jaring Makanan, Pengertian Ekosistem, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem Pencernaan

Senin, 05 September 2016

Sistem Pernapasan Pada Manusia

Sistem Pernapasan Pada Manusia - Sistem pernapasan atau sistem respirasi ialah sistem organ yg dipergunakan untuk pertukaran gas. Pada binatang berkaki empat, sistem pernapasan umumnya termasuk saluran yg dipergunakan buat membawa udara ke pada paru-paru di mana terjadi pertukaran gas. Diafragma menarik udara masuk serta juga mengeluarkannya. Berbagai variasi sistem pernapasan ditemukan pada banyak sekali jenis makhluk hayati. Bahkan pohon pun mempunyai sistem pernapasan.

Sistem Pernapasan Pada Manusia



Pernapasan dada

Pernapasan dada artinya pernapasan yg melibatkan otot antartulang rusuk. Mekanismenya dapat dibedakan menjadi berikut.
 
Fase inspirasi
Fase ini diawali menggunakan berkontraksinya otot antartulang rusuk sebagai akibatnya rongga dada terangkat atau membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada sebagai lebih mungil daripada tekanan di luar sebagai akibatnya udara luar yang kaya oksigen masuk.

Fase ekspirasi
Fase ini artinya fase relaksasi atau kembali ditariknya otot antara tulang rusuk ke kebelakang yang dikuti sang turunnya tulang rusuk sebagai akibatnya rongga dada menjadi mungil. Menjadi akibatnya, tekanan di pada rongga dada menjadi lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yg kaya karbon dioksida keluar.

Pernapasan perut

Pernapasan perut adalah pernapasan yang melibatkan otot diafragma. Mekanismenya bisa dibedakan menjadi berikut.
 
Fase Inspirasi
Fase ini berupa berelaksasinya otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnya tekanan dalam rongga dada menjadi lebih kecil daripada tekanan pada luar sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk.


Fase ekspirasi
Fase ini artinya fase kontraksi atau kembalinya otot diaframa ke posisi semula yg dikuti oleh turunnya tulang rusuk sebagai akibatnya rongga dada sebagai mungil. Menjadi akibatnya, tekanan di pada rongga dada sebagai lebih besar daripada tekanan luar, sebagai akibatnya udara pada rongga dada yg kaya karbon dioksida keluar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sistem Pernapasan Pada Manusia

0 komentar:

Posting Komentar