Kumpulan Materi Pelajaran Biologi, Pelajaran Kimia, Pelajaran Fisika Sistem Periodik Unsur, Jaring jaring Makanan, Pengertian Ekosistem, Sistem Pernapasan Pada Manusia, Sistem Pencernaan

Tuesday, 6 September 2016

Pengertian Faring Dan Laring Serta Fungsinya

Pengertian Faring Dan Laring Serta Fungsinya - Faring, dari bahasa Yunani, pharynx, artinya tenggorok atau kerongkongan yg adalah bagian asal sistem pencernaan dan  sistem pernapasan. Kata ini terutama dipakai dalam kalangan ilmu kedokteran. Faring artinya tabung fibromuskular yg ada persis didepan tulang leher yang berafiliasi menggunakan rongga hidung, rongga pendengaran tengah, dan  laring.
Pengertian Faring Dan Laring Serta Fungsinya


Umumnya faring dibagi menjadi tiga bagian yaitu: Faring nasal yang berhubungan dengan rongga hidung, Faring berkaitan dengan mulut yang berhubungan menggunakan rongga paru-paru, dan  Faring laryngeal yg bekerjasama dengan epiglotis asal laring dan  menuju ke Esofagus.


Fungsi Faring

Fungsi primer faring artinya menjadi saluran alat pencernaan yang membawa kuliner asal rongga mulut sampai ke esofagus. Hubungan faring dengan rongga hidung serta laring ini menghasilkan faring sebagai relatif krusial pada produksi suara, dan  memungkinkan manusia buat bernapas menggunakan lisan serta Bila diperlukan secara medis memasukkan kuliner melalui hidung.

Pengertian Laring

Laring, atau kotak bunyi (voicebox), merupakan organ pada leher mamalia yg melindungi trakea dan  terlibat pada produksi bunyi. Laring merupakan saluran pernapasan yang membawa udara menuju ke trakea Fungsi primer laring merupakan untuk melindungi saluran pernapasan dibawahnya dengan cara menutup secara cepat di stimulasi mekanik, sebagai akibatnya mencegah masuknya benda asing ke pada saluran napas. Laring mengandung pita bunyi (vocal cord).

Baca juga : Alat alat pernapasan pada manusia

Laring berada pada depan faring yg menuju ke esofagus dan  secara vertikal Laring terdapat pada antara trakea serta akar lidah, di bagian atas serta depan dari leher. Taraf vertikalnya bersesuaian dengan tulang vertebra servikal keempat, kelima, dan  keenam, akan tetapi itu ditempatkan relatif lebih tinggi pada perempuan serta juga selama masa kanak-kanak. Struktur laring umumnya terdiri berasal tulang rawan yang diikat sang ligamen dan  otot.

Laring tersusun asal tiga kartilago besar  yg tidak berpasangan (cricoid, thyroid, epiglottis); tiga kartilago kecil yg berpasangan (arytenoids, corniculate, cuneiform); dan  sejumlah otot intrinsik.

Di Laring jua terdapat tonjolan yg menjadi karakteristik seksual sekunder di pria atau lebih dikenal menjadi jakun.

Peradangan atau infeksi pada laring diklaim laringitis

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Faring Dan Laring Serta Fungsinya

0 comments:

Post a Comment